Segudang Manfaat Minyak Kayu Putih

Tanaman cajuput atau Malauleca adalah tumbuhan yang seringkali dipakai jadi bahan basic pengerjaan minyak kayu putih. Sesudah lewat proses penyulingan, cajuput juga ada jadi minyak kayu putih yang memberi beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Apa sajakah?

Segudang Manfaat Minyak Kayu Putih
Manfaat Minyak Kayu Putih

Segudang manfaat yang ditawarkan minyak kayu putih 

Berlainan dengan minyak eukaliptus, tanaman kayu putih adalah hasil ektraksi ranting serta daun pohon cajuput. Kedua-duanya memang seringkali dipakai jadi bahan dari minyak kayu putih, tapi cajuput serta eukaliptus ialah pohon yang berlainan. 

Walau begitu, manfaat yang ditawarkan oleh minyak kayu putih sebetulnya hampir serupa dengan minyak eukaliptus. Apa kelebihan itu? 

5 Manfaat Minyak Kayu Putih dan kelebihannya

  1. Meredakan hidung tersumbat
  2. Membantu mengatasi infeksi kulit
  3. Mengurangi ketombe
  4. Meringankan kram otot
  5. Mengatasi gigitan serangga

loading...

1. Meredakan hidung tersumbat


Salah satunya manfaat dari minyak kayu putih ialah menurunkan hidung terhalang. 

Cajuput yang dipakai jadi bahan basic pengerjaan minyak kayu putih memiliki kandungan senyawa yang berbentuk dekongestan. Senyawa ini bisa melegakan tenggorokan serta hidung yang terhalang. 

Diluar itu, minyak yang datang dari tumbuhan asal Asia Tenggara ini menolong memudahkan tanda-tanda beberapa penyakit, seperti bronkitis, laringitis, serta masalah aliran pernafasan yang lain. 

2. Membantu mengatasi infeksi kulit 


Kandungan zat cineole pada minyak kayu putih nyatanya berguna untuk menangani infeksi di kulit Anda. Bila Anda mengoleskannya di kulit, cineole pada minyak kayu putih memunculkan rasa hangat serta kurangi rasa sakit pada permukaan kulit. 

Tidak hanya memberi dampak hangat, manfaat minyak kayu putih dapat juga Anda pakai untuk menghaluskan serta membuat cerah kulit. Namun, sebelum memakainya dengan teratur, tanyakan pada dokter supaya tahu apa kayu putih pas dengan kulit Anda..

3. Mengurangi ketombe 


Tahukah Anda jika kandungan cajuput pada minyak kayu putih nyatanya dapat kurangi ketombe pada rambut? 

Menurut satu riset pada tahun 2013 dari India, ada banyak minyak mendasar yang dapat dipakai untuk menantang jamur pemicu ketombe. Jamur Malassezia furfur ialah jamur yang menyerang kulit manusia serta dapat menyebabkan permasalahan kulit, seperti ketombe atau panu. 

Riset itu mengatakan, kombinasi minyak mendasar, seperti kayu putih serta atsiri dapat dibuktikan bisa menantang jamur Malassezia di kepala. Dengan demikian, produksi kulit ketombe di kepa bisa dikurangi. 

Walau demikian, masih diperlukan selanjutnya untuk tahu manfaat minyak kayu putih dalam menantang jamur Malassezia. 

4. Meringankan kram otot 


Kontraksi otot yang hadir dengan mendadak pasti memunculkan rasa sakit yang benar-benar tajam serta cukup mengganggu kegiatan harian Anda. Keadaan yang seringkali dikatakan sebagai kram otot ini dapat berlangsung karena dehidrasi, otot dipakai terlalu berlebih, atau minimnya kandungan elektrolit darah. 

Nah, tidak hanya lakukan pengenduran, minyak kayu putih didapati mempunyai manfaat untuk meredakan kram otot. Ini karena karakter analgesik pada tumbuhan kayu putih yang telah alami penyulingan. 

5. Mengatasi gigitan serangga 


Hampir serupa dengan minyak eukaliptus, kayu putih dapat Anda pakai jadi obat untuk mengatasi gigitan nyamuk serta serangga. Aroma kayu putih dapat menghindari serangga dari diri Anda. 

Karakter anti peradangan pada kayu putih dapat menolong Anda menahan gatal karena serangga serta timbulnya ruam pada kulit.