Ini 4 Manfaat Tulsi Alias Kemangi Suci Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal dengan kemangi? Tanaman yang satu ini seringkali jadi pelengkap masakan lalap, misalnya pecel ayam atau ikan lele. Nyatanya salah satunya macamnya, yakni kemangi suci (tulsi) berguna buat badan. Loh, memangnya tulsi dengan kemangi biasa itu berlainan? Lalu, apa manfaat daun tulsi untuk kesehatan badan? Cari info jawabannya di bawah ini. 

Beda kemangi biasa dengan daun tulsi.

Ini 4 Manfaat Tulsi Alias Kemangi Suci Bagi Kesehatan
Ini 4 Manfaat Tulsi Alias Kemangi Suci Bagi Kesehatan

Sebelum mengulas manfaat kemangi suci (daun tulsi), Anda butuh tahu ketidaksamaan tanaman ini dengan kemangi biasa. Kemangi suci mempunyai banyak panggilan, dari mulai tulsi, holy basil, sampai Ocimum sanctum. 

Tanaman obat ini mempunyai daun yang kasar disentuh, pinggirnya berwarna kecokelatan, dengan gradasi warna kesuluruhan yang hijau keabu-abuan. Sesaat kemangi biasa mempunyai daun yang halus serta berwarna hijau tua. Jika dilihat, kemangi biasa mempunyai daun berwarna putih sedang bunga tulsi berwarna ungu, seperti lavender. 

Tidak hanya hijau keabuan, sisi batang kemangi suci terkadang mempunyai warna yang berlainan, dapat putih atau merah. Jika Anda cium baunya, kemangi suci akan beraroma manis. Beda dengan kemangi yang wanginya lebih kuat serta beraroma pedas. Jika kemangi biasa gampang diketemukan jadi lalapan, tulsi seringkali dipakai dalam masakan Thailand. 
loading...

4 manfaat daun tulsi (kemangi suci) untuk kesehatan 

  1. Berpontensi kurangi depresi fisik
  2. Mempunyai senyawa aktif yang punya potensi ampuh menantang infeksi
  3. Berbentuk antidiabetes serta antiinflamasi
  4. Punya potensi memperhatikan kesehatan mental

Tahukah Anda mengapa tanaman ini diberi nama kemangi suci atau holy basil? Kata “suci” ditambah lagi oleh umat Hindu semenjak jaman dulu sebab manfaatnya di dunia penyembuhan. 

Menurut Ayurveda (pengetahuan kesehatan dari negara India), tulsi disebutkan dengan “The Incomparable One,” “Mother Medicine of Nature” serta “The Queen of Herbs”. 

Tersebut 4 manfaat daun tulsi buat kesehatan menurut riset yang diedarkan pada Journal of Ayurveda and Integrative Medicine. 

1. Berpontensi kurangi depresi fisik 


Depresi bukan sekedar berlangsung pada otak, dan juga pada organ yang lain pada badan, misalnya otot. Jika otot dipakai dengan terus-terusan, otot dapat depresi serta rusak. 

Bukan itu saja paparan udara dingin dapat juga menyebabkan berlangsungnya depresi fisik. 

Riset itu memberikan laporan manfaat daun tulsi dalam kurangi depresi fisik. Analisa yang berbasiskan hewan ini memberi desakan, paparan keributan serta udara dingin. 

Hewan itu selanjutnya diberi ekstrak daun tulsi. Hasilnya tunjukkan jika kemangi suci dapat kurangi dampak depresi fisik pada hewan dengan tingkatkan neurotransmitter serta tanggapan imun. 

2. Mempunyai senyawa aktif yang punya potensi ampuh menantang infeksi 


Studi ini memberikan laporan manfaat daun tulsi dalam membuat perlindungan badan dari infeksi. Tulsi mempunyai karakter antibakteri, antivirus, antijamur hingga tanaman ini dipakai untuk pelihara hewan ternak. 

Diluar itu, tanaman ini jadikan obat kumur herbal sebab mempunyai kekuatan untuk menantang bakteri Streptococcus yang mengakibatkan kehancuran gigi. Keampuhannya sama juga dengan obat kumur. 

Gabungan dari zat aktif kemangi memberi dukungan pengobatan cedera pada hewan, seperti dalam kerja obat aspirin, meloxicam, indometasin, serta serotonin. 

3. Berbentuk antidiabetes serta antiinflamasi 


manfaat daun tulsi setelah itu karakter antidiabetes yang dipunyainya. Satu eksperimen berbasiskan hewan tunjukkan jika kemangi suci bisa kurangi glukosa darah serta melakukan perbaikan lipid (lemak) yang abnormal. 

4. Punya potensi memperhatikan kesehatan mental 


manfaat daun tulsi yang diunggulkan yang lain ialah memberi dukungan kesehatan mental. Kemangi suci mempunyai senyawa aktif yang punya potensi kurangi kekhawatiran serta depresi di otak. 

Berdasar studi, daun tulsi menolong kurangi kekhawatiran serta depresi dengan menentramkan beberapa sel badan serta pemikiran. Eksperimen pada hewan tunjukkan jika tanaman ini mempunyai dampak yang sesuai dengan diazepam, yakni obat penenang. 

Apa manfaat daun tulsi berpengaruh pada manusia? 

Pada studi awalnya, manfaat tulsi baru ditest lewat hewan saja. Tetapi, studi paling baru pada jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine memperhatikan dampak daun tulsi pada manusia. 

Hasilnya, tunjukkan jika kemangi suci bisa jadikan obat pilihan untuk menolong menormalkan kandungan gula darah, tekanan darah, skema imun, serta depresi psikologis. Namun, butuh pemeriksaan selanjutnya sebab riset itu masih berjangka pendek serta hanya terbatas.