2 langkah agar blog dan artikel di index google

Tutorial Blogger - Halo sahabat blogger, untuk pembahasan artikel tutorial blogger yang ke 4 lanjutan dari artikel Cara Sembunyikan Nama Penulis/Pengarang di postingan blog di blogger untuk tutorial blogger kali ini cara agar  blog postingan artikel di index google. cepat terdaftar di mesin pencari google.cara agar postingan artikel cepat terdaftar di mesin pencari google.

2 langkah agar blog dan artikel di index google

Ya untuk kamu yang baru saja mengikuti tutorial sebelumnya mungkin yang ada di pikiran kamu saat ini bagaimana cara agar blog dan postingan artikel terdaftar di mesin pencari google.

1. Mendaftarkan blog di google console

Buat kamu yang baru saja membangun sebuah blog. sangat di sarankan jika blog yang baru saja kamu buat di daftarkan terlebih dahulu di google search console agar blog kamu terdaftar di mesin pencari google dan mudah untuk di temukan.


Keuntungan mendaftarkan blog di google search console.

Selain di index oleh mesin pencari google, banyak manfaat dan keuntungan setelah mendaftar blog di google search console. karena webmaster tools sangat mempunyai peranan penting untuk seorang blogger untuk memantau setatus blog. untuk mengumpulkan data info tentang perayapan atau penulusuran yang terjadi di blog yang di kelola.

Berikut manfaat google webmaster tools untuk blog:

  • Mengetahui jumlah backlink
  • Monitor url atau link yang eror di blog
  • Menghapus backlink negatif "disavow tool"
  • Menghapus alamat url yang eror/rusak
  • Submit url/alamt artikel yang baru saja di buat secara manual
  • Menhetahui jumlah artikel yang di index dan tidak di index google

Pastinya masih banyak yang lainnya yang wajib kamu coba. lalu bagai mana cara mendaftar blogspot di webmaster tools? silahkan di simak baik baik.

Cara Mendaftar blogspot di webmaster tools
Berikut adalah cara submit add domain blogspot ke webmaster tools google search console agar blog cepat terindex mesin pencari google.

Langkah yang awal kamu bisa login terlebih dahulu ke akun blogger yang akan di daftarkan ke google search console mesin pencari google yang sudah kamu buat sebelumnya.

Jija sudah login di dsabor blog. kamu klik roda gigi pengaturan pada bagian seblah kiri bawah stelah itu klik dasar dan edit parivasi pilih ya semua lalu simpan.


Untuk selanjutnya masih di menu pengaturan klik preferensi penelusuran pilih google search console klik edit


Setelah itu kamu akan di bawa ke halaman webmaster tools google search console dan di sajikan dengan 2 jenis pilihan submit domain dan submit url prefix kamu bisa pilih salah satu.


1. Submit Domain properti

A. Submit domain gratis blogspot.
Masukan alamat bog yang akan di daftarkan. buat kamu yang memilih cara submit domain properti.

kamu cukup masukkan url blogspot kamu, yang pastinya kamu engga repot tidak perlu memakai www, https, http, di awalan alamt url blog kamu. semua akan secara terintegrasi otomatis.

Contoh kamu pilih tambah/submit domain seperti gambar no.1 yang harus di masukan catatansijempol.blogspot.com lalu klik lanjutkan/continu.

tanpa www, http, https. lebih simple pastinya. berhubung menggunakan domain bawaan dari blogspot maka tidak perlu verifikasi akan secara otomatis verifikasi.


B. Cara Submit Domain TLD
sendainya kamu tidak menggunakan domain gratisan dari blogspot. misal nya top level domain TLD yang kamu gunakan sperti www.gezotspeed.com cara nya hampir sama seprti menggunakan cara submit domain menggunakan domain gratisan dari blogspot. yang harus kamu tulis gezotspeed.com tanpa www, https, http.


Setelah masukan top level domain klik terus/continu. setelah itu kamu akan diminta verifikasi kepemilikan domain lewat data DNS.


Setlah muncul popup verifikasi kepemilikan domain klik salin data TXT

google-site-verification=000000_000000-000000_000000

Silahkan kamu kunjungi dan login di member area dmna tempat pembelian domain kamu. lalu cari fitur DNS management, bisanya untuk fitur ini beragagam di setiap maasing penyedia layanan domain. jika kamu tidak mau ambil pusing silahkan tanya pada CS.

Setelah masuk di menu member area kamu pilih klik kelola domain. setelah masuk di menu pengaturan domain klik DNS management


Setelah klik DNS management scroll kebawah klik add new record. tampilan selanjutnya


Perhatikan gambar di atas unutk record type kamu rubah ke TXT record. tempel/paste kode TXT yang kamu salin sebelumnya dari webmaster tools klik simpan/save.

Silahkan kamu kembali ke webmaster tools unuk klik verifikasi kepemilikan. jika google search console tidak langsung menemukan data "verifikasi gagal" kamu bisa kembali esok hari ke webmaster tools 


Itu adalah cara add domain gartisan blogspot dan dan add top level doman di webmaster tools dan Cara verifikasi properti domain TLD via DNS management lewat niagahoster.

2. Submit Awalan URL
Buat kamu yang mau menggunakan cara submit awalan url. kamu harus tambah url properti domain kamu satu satu

  • 1.https://gezotspeed.com
  • 2.https://www.gezotspeed.com
  • 3.http://www.gezotspeed.com
  • 4.http://gezotspeed.com.

Buat kamu yang pake cara awalan url harus verifikasi url Keempatnya dimasukkan dan di verifikasi satu per satu. mungkin pake cara submit awalan URL aga ribet yaa.. tapi ini juga bisa jadi jalan pintas buat kamu yang sulit verifikasi lewat DNS management.

Contoh yang akan di masukan awalan url https://gezotspeed.com klik lanjutka nnanti kamu akan milihat tampilan popup ada 4 cara untuk verifikasi awalan URL.

  1. File HTML
  2. Tag HTML
  3. Analitis Google
  4. Google Tag Manager
  5. Penyedia nama domain

Saran saya kamu pilih cara verifikasi kepemilikan domain no 2 dengan cara menggunakan Tag HTML karean dengan cara ini lebih mudah simpel.

TAG HTML


Dengan cara ini kamu hanya masukan meta tag di tema blog yang kamu miliki di menu edit HTML.

0 Comments

Post a Comment

Trrimaksih sudah komentar, Budayakan Komentar sesuai isi artikel